Categories
Uncategorized

Inilah Manfaat Alami dari Jus Alpukat

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi jus alpukat dapat membuat Anda gemuk karena buah hijau kaya lemak. Namun, ada yang percaya bahwa manfaat jus alpukat justru bisa menurunkan berat badan.

Pernyataan mana yang benar? Apakah ada manfaat kesehatan dari jus alpukat selain yang terkait dengan berat badan?

Ini lah manfaat jus alpukat

Tidak seperti buah-buahan lain yang mengandung banyak air, alpukat mengandung banyak lemak. Hampir 15 persen dari berat buah adalah lemak, dan bahkan 77 persen dari total kalori dalam alpukat berasal dari lemak ini.

Inilah Manfaat Alami dari Jus Alpukat

Namun, kandungan lemak kebanyakan alpukat adalah jenis lemak tak jenuh tunggal. Secara khusus, lemak tak jenuh yang dimaksud adalah jenis asam oleat yang juga ditemukan dalam buah dan minyak zaitun.

Manfaat jus alpukat juga berasal dari bahan lain, yaitu serat. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber makanan yang cukup lengkap karena mengandung vitamin K, C, dan E, serta asam folat, kalium, dan sejumlah antioksidan.

Manfaat jus alpukat untuk kesehatan

Berdasarkan konten alpukat yang disebutkan di atas, manfaat jus alpukat adalah untuk kesehatan Anda, termasuk:

Jadikan jantung Anda sehat

Alpukat mengandung sterol tumbuhan alami yang disebut beta-sitosterol. Mengonsumsi beta-sitosterol atau sterol tanaman lainnya telah terbukti menurunkan kolesterol dan membuat jantung Anda sehat.

Isi diri Anda lebih lama

Makanan yang tinggi lemak atau serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Alasannya adalah karena lemak dan serat memperlambat asupan makanan dari perut, sehingga Anda tidak cepat merasa lapar.

Periksa berat badan Anda

Asumsi bahwa makan alpukat menyebabkan kenaikan berat badan tampaknya telah direvisi. Karena salah satu manfaat jus alpukat yang terbukti secara ilmiah sebenarnya bisa mengendalikan berat badan. Karena itu, Anda tidak perlu lagi untuk merasa takut untuk mengkonsumsi alpukat saat menjalani program penurunan berat badan.

Manfaat ini berasal dari tingkat asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat itu sendiri, yang diyakini membakar kalori lebih cepat daripada jenis lemak lainnya. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh dapat mempercepat metabolisme dan menekan nafsu makan pada saat bersamaan.

Mencegah osteoporosis

Manfaat jus alpukat disebabkan oleh kandungan vitamin K dalam alpukat. Vitamin K dapat meningkatkan kemampuan tulang untuk menyerap kalsium sekaligus mencegah kalsium terbuang dalam urin.

Bantu menyembuhkan kanker

Alpukat mengandung asam folat, yang telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar, lambung, pankreas, dan kanker serviks. Selain itu, kandungan senyawa kimia herbal dalam alpukat juga dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat konsumsi obat kanker cyclophosphamide.

Pencegahan cacat pada bayi

Wanita hamil perlu mengonsumsi asam folat untuk mengurangi risiko melahirkan bayi dengan cacat lahir seperti kelainan tabung saraf. Namun, dikhawatirkan kandungan folat dalam alpukat tidak mencukupi, itulah sebabnya wanita hamil juga didorong untuk mengonsumsi asam folat dari suplemen asam folat.

Sistem pencernaan yang sehat

Kandungan serat dalam alpukat, yang mencapai 6-7 gram per setengah buah, membuat minuman ini mampu menyehatkan sistem pencernaan. Makan makanan berserat tinggi dapat mencegah sembelit dan bahkan kanker usus besar.

Lindungi dari penyakit kronis

Penelitian menunjukkan bahwa jus alpukat, karena kandungan seratnya yang tinggi, harus mencegah penyakit kronis dalam tubuh Anda. Penyakit yang dimaksud, yaitu penyakit arteri koroner, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan gangguan pencernaan.

Makan banyak makanan berserat tinggi seperti jus alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang berguna bagi penderita diabetes.

Penglihatan sehat

Alpukat mengandung jenis antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang telah terbukti meminimalkan kerusakan akibat sinar ultraviolet di mata.

Juga diyakini bahwa kadar lemak tak jenuh pada alpukat dapat mempercepat penyerapan antioksidan lain seperti beta-karoten, yang dapat mengurangi risiko masalah penglihatan akibat penuaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *