Categories
Uncategorized

Destinasi wisata di Kalimantan yang belum populer

Kalimantan tidak hanya Kepulauan Derawan ataupun Danau Labuan, kok! Terdapat banyak sekali spot wisata anti mainstream yang dapat kalian nikmati di pulau terbanyak ketiga di dunia.

Mulai dari bukit dengan panorama luar biasa sampai gua khas era prasejarah dapat kalian kunjungi. Tidak hanya itu, terdapat pula kawasan hutan wisata dengan sungai yang sesuai buat bermain rafting, lho.

Nah, bagaikan rujukan kalian liburan, Pegipegi memiliki sebagian saran tempat wisata anti mainstream di Kalimantan buat liburan. Ikuti di dasar ini, ayo!

BUKIT LEBAK NAGA

Terletak di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Bukit Lebak Naga menawarkan panorama alam yang luar biasa. Dibalut dengan padang rumput yang lumayan tebal, kalian dapat menyusuri bukit yang asri ini sembari berpotret- potret. Walaupun tidak sangat besar, Bukit Lebak Naga menawarkan spot gambar dengan lanskap panorama alam yang luas. Angin bukit yang berhembus bakal membagikan suasana damai tertentu kala terletak di atas puncak. Nah, terdapat yang menarik dari penamaan bukit yang satu ini. Kata Naga nyatanya berasal dari kendaraan yang ditumpangi orang jaman dahulu yang mirip naga buat menaikki bukit ini. Jadi, dari sana, masyarakat dekat menamakan bukit ini dengan Lebak Naga.

RUMAH JOMBLO

Muncul bagaikan wisata anti mainstream di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rumah Jomblo memiliki cerita yang unik. Berdiri di atas tanah Gunung Kupang yang terkikis, katanya, rumah jomblo“ berpenghuni” serta tidak terdapat orang yang berani mengganggunya. Bila hingga terdapat yang merobohkan rumah ini, orang tersebut hendak jatuh sakit. Terlepas dari rumor tersebut, Rumah Jomblo tidak sempat hening wisatawan. Buat naik ke atas Gunung Kupang, kalian dapat menaiki tangga yang ada. Tangga tersebut nyaman buat dinaiki asal hati- hati. Jika cuma semata- mata selfie ataupun potret- potret dengan latar belakang rumah jomblo serta tidak mengganggu rumah, umumnya aman- aman aja.

LOKSADO

Kalian tercantum penggemar wista anti mainstream sekalian menegangkan? Loksado dapat jadi opsi yang pas. Cuma 4 jam dari Banjarmasin, Loksado menawarkan sungai yang dikelilingi hutan belantara. Nah, sungai di Loksado sesuai banget buat kalian bermain bamboo rafting. afting ini lebih diketahui dengan istilah Balanting Paring ataupun bamboo rafting, di mana tiap rakit bambu cuma berisi optimal 3 penumpang, dengan seseorang pemandu yang telah berpengalaman. Rafting ini umumnya dicoba di sungai Amandit. Waktu yang di tempuh suatu bamboo rafting dapat menggapai 2– 3 jam. Bukan cuma menguji andrenalin, dikala bamboo rafting hendak ditemui panorama alam alam yang luar biasa. Tidak hanya itu pula ditengah ekspedisi, hendak nampak aktivitas suku Dayak Meratus. Bamboo rafting hendak berakhir disebuah Desa bernama Tanuhi.

DANAU KAKABAN

Danau Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timun. Yang buat menarik, proses terjadinya Danau Kakaban tepatnya diawali semenjak era prasejarah, ialah kala air laut yang masuk ke Pulau Kakaban sebab pasang naik tidak dapat keluar, terperangkap serta tercampur dengan air hujan serta air tanah. Proses sepanjang ribuan tahun ini menjadikan Danau Kakaban bagaikan salah satu ekosistem unik serta cuma 2 tempat saja di dunia ini yang mempunyai keunikan ini, travelers, ialah Danau Kakaban serta Danau Ubur- ubur Palau di Kepulauan Micronesia. Danau Kakaban merupakan salah satunya tempat dimana kalian hendak dapat menjumpai ubur- ubur yang berjalan dengan bagian kaki yang terletak di atas, serta berbagai macam hewan air yang memancarkan sinar bila hari mulai hitam.

GOA BELOYOT

Goa Beloyot di Berau jadi salah satu energi tarik tertentu untuk pariwisata Kalimantan Timur. Berstatus bagaikan goa purbakala, Beloyot menyajikan banyak lukisan tangan manusia yang sarat hendak sejarah. Menariknya, goa yang satu ini susah buat dicapai. Medan yang berat dan halang- rintang berbentuk hutan belantara yang rimbun. Tetapi, kalian dapat senantiasa menjangkau Goa Beloyot, kok. Letak dari Goa Beloyot sendiri tidak sangat jauh dari kota Berau, Kalimantan Timur. Namun, buat menggapainya, kalian wajib menjelajahi hutan tropis basah di kawasan Kampung Marabu. Walaupun sangat susah, petulangan ke Goa Beloyot bakal jadi pengalaman sekalian momen menggali ilmu yang menarik, lho. Terlebih kenyataannya goa ini telah berumur lebih dari 4. 000 tahun. Sekali kalian masuk ke dalam, kesan magis bisa tertangkap jelas di masing- masing bilik goa tersebut. Kalian serasa diajak kembali ke era purbakala di mana yang sangat dekat dengan alam.

BUKIT MATANG KALADAN

Terletak di kawasan Riam Kanan, Banjarbaru, Bukit Matang Kaladan merupakan atraksi wisata alam yang menyuguhkan lingkungan perbukitan hijau. Yang menarik, perbukitan ini mengelilingi danau di tengahnya, konsep seragam yang ditawarkan oleh Pulau Wayag di Raja Ampat. Danau yang diartikan merupakan bendungan Riam yang membendung 8 sungai dari Pegunungan Meratus. Bendungan ini pula sangat vital sebab jadi sumber tenaga buat Pembangkit Listrik Tenaga Air di daerah Banjarmasin. Panorama barisan bukit hijau bersambut dengan suasana sejuk yang ditawarkan oleh daerah Banjarbaru. Sesekali, siulan burung menyatu serasi dengan hembusan angin lagi yang buat kalian betah berlama- lama di mari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *