Categories
Uncategorized

Daun Pepaya Ternyata Punya 4 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Tumbbuh di daerah tropis, pepaya merupakan buah yang memiliki banyak khasiat. Pepaya tidak hanya memiliki khasiat antibakteri, tetapi juga baik untuk melancarkan pencernaan.

Buah pepaya kaya akan vitamin E, C dan beta-karoten yang merupakan antioksidan. Selain itu bijinya kaya akan asam lemak. Sedangkan minyak pepaya memiliki rasa pedas yang menyengat dan dapat digunakan sebagai pengganti bumbu masak.

Daun Pepaya Ternyata Punya 4 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Tak hanya itu, daun pepaya juga tak kalah bermanfaat. Daun pepaya, seperti buahnya, kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, yang membantu pencernaan, mencegah gas, dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain melancarkan pencernaan, senyawa alkaloid kuat seperti karpain juga efektif melawan ketombe dan kebotakan. Daun pepaya juga mengandung banyak vitamin A, C, E, K, dan B, serta mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi.

Buah, biji dan daunnya sering diolah menjadi berbagai macam makanan. Buah masaknya bisa kita makan langsung atau dibuat jus segar.

Buah pepaya yang masih mentah bisa dijadikan lalapan pepaya muda. Daun pepaya juga bisa diolah dengan santan atau cukup ditumis.

Banyak orang yang tidak suka makan daun pepaya karena rasanya yang pahit. Padahal daun pepaya bisa bermanfaat bagi kesehatan kita.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi daun pepaya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Pengobatan demam berdarah Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes yang menyebar di dalam darah. Demam berdarah menyebabkan penurunan trombosit darah. Misalnya, mengonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit.

2. Sebagai bahan tradisional yang anti malaria, penyakit malaria disebabkan oleh nyamuk dangue. Senyawa acetogenin yang terdapat pada daun pepaya dapat membantu mencegah penyakit berbahaya ini.

3. Baik untuk hati Seperti halnya pepaya, daun pepaya adalah pembersih yang baik untuk hati. Untuk itulah, daun pepaya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit hati kronis, sakit kuning, dan sirosis hati.

4. Mendukung pencernaan Enzim papain dan chymonpapain yang terkandung dalam daun pepaya telah terbukti membantu pencernaan, mencegah sembelit dan membersihkan usus besar. Enzim papain juga dapat membantu menyembuhkan dan mencegah mulas.

5. Menurunkan kadar gula darah Daun pepaya sangat cocok untuk penderita diabetes karena berfungsi mengatur produksi insulin, yang selanjutnya memeriksa kadar gula darah. Sifat antioksidannya yang kuat juga membantu mengurangi komplikasi dari diabetes seperti kerusakan ginjal dan perlemakan hati.

6. Menyembuhkan Nyeri Haid Daun pepaya bekerja sangat baik dalam melancarkan aliran haid dan meredakan nyeri. Minum jus daun pepaya juga mengurangi gejala PMS. Sifat penyembuhannya menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi.

7. Membantu untuk menjadi obat untuk Masalah Kulit Kandungan Vitamin C dan A pada daun pepaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menjadikan kulit lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, dapat mencegah kelebihan mikroorganisme tumbuh dan membersihkan kulit dari racun, melindunginya dari masalah kulit seperti jerawat, flek, dan jerawat.

 8. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut Ekstrak daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan dan rambut rontok. Ini adalah bagian penting dari sampo anti ketombe karena senyawa karpain. Komponen alkaloid ini efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala.

9. Kulit sehat

Daun pepaya bisa dikonsumsi atau dioleskan langsung ke kulit. Ini berguna untuk melembutkan dan membersihkan kulit.

Kita bisa menggunakan enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain secara langsung untuk mengangkat sel kulit mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *